F Saat si Kecil Bertanya Apa Itu Cinta, Apa Jawabannya? | membuat blog secara instant

Saat si Kecil Bertanya Apa Itu Cinta, Apa Jawabannya?

Posted by do it your self Minggu, 14 Oktober 2012 0 komentar


TRIBUNNEWS.COM - Si prasekolah mulai banyak bertanya tentang cinta dan hal-hal abstrak lainnya seperti gombal atau cemburu. Bagaimana cara menjelaskannya?

Cinta
"Cinta kira-kira artinya sama dengan sayang.  Misalnya, Mama sayang sama Adek berarti Mama juga cinta sama Adek."  Meski sebenarnya makna cinta lebih luas daripada sekadar sayang, untuk anak-anak  prasekolah pemahaman akan arti kata itu cukup sampai di situ. Jika dijelaskan lebih dalam lagi justru akan membuatnya sulit memahami.

Gombal
"Gombal itu artinya lucu. Kalau kamu mengatakan sesuatu yang lucu maka bisa dibilang gombal." Namun tekankan padanya bahwa kata ini hanya bisa digunakan saat berkomunikasi dengan orang-orang dekat saja, seperti pada kita orangtuanya,  kakak, adik, atau teman sebaya. Sedangkan pada orang-orang  yang hubungannya tidak akrab/baru dikenal atau orang-orang yang dihormati, seperti kakek-nenek, atau guru, kata ini tidak pantas untuk digunakan. 

Pacaran
Beberapa pertanyaan yang diajukan anak, perlu kita konfirmasikan sumbernya,  seperti pertanyaannya akan arti pacaran ini. Tanya terlebih dulu dari mana ia tahu kata itu. Apakah dari televisi atau dari seseorang. Pertanyaan itu bisa  dijawab dengan mengatakan bahwa pacaran adalah saat seorang perempuan dan laki-laki saling sayang dan mereka kerap berduaan. Penjelasan bisa ditutup sampai di situ. Jawaban  yang terlalu panjang akan membangkitkkan keingintahuannya tentang hal-hal seperti pelukan, ciuman, dan lainnya. Tekankan jika pacaran boleh dilakukan oleh orang yang sudah dewasa dan bukan anak-anak.

Cemburu
Terkadang untuk membuat anak makin mudah memahaminya, penjelasan yang diberikan perlu berupa contoh sehari-hari.  Misal pertanyaannya tentang cemburu. "Mama, kan, sedang mengurus adik bayi. Eh Kakak lantas marah karena merasa Mama lebih sayang adik. Itu namanya cemburu." Bisa juga menggunakan kisah-kisah binatang yang menunjukkan kecemburuan seperti anak panda yang marah pada ibunya karena sang ibu lebih memilih ngobrol dengan ayah daripada dengan dirinya.

Selingkuh
Beberapa pertanyaan memang terdengar sensitif bagi orang dewasa tetapi tidak begitu bagi anak. Saat kita harus menjelaskan arti kata "selingkuh" kepada anak, berikan saja jawaban yang umum. Selingkuh itu artinya kalau seseorang yang sudah punya pasangan diam-diam punya pasangan lain. Misalnya, "Minie berpasangan dengan Mickey. Kalau Minie diam-diam berpasangan dengan Donald tanpa sepengetahuan Mickey, berarti Minie selingkuh." Untuk sementara seperti itu saja penjelasannya karena jika terlalu panjang anak akan kesulitan memahaminya.

Pengorbanan
Menjelaskan kata pengorbanan bisa dengan, "Kakak punya kue. Kakak suka banget dengan kue tersebut. Lalu diminta sama Adek. Karena kakak sayang sekali sama Adek maka kue tersebut Kakak berikan semuanya. Itu yang namanya pengorbanan.

0 komentar:

Poskan Komentar