F Perut Diangkat Akibat Minum Nitrogen Cair | membuat blog secara instant

Perut Diangkat Akibat Minum Nitrogen Cair

Posted by do it your self Jumat, 12 Oktober 2012 0 komentar
 
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
 
yahoo.com - LONDON (Reuters) - Ahli bedah Inggris mengangkat perut seorang remaja demi menyelamatkan nyawanya setelah minum campuran cocktail yang terbuat dari nitrogen cair, menurut polisi.

Perempuan usia 18 tahun bernama Gaby Scanlon mengeluh kehabisan napas dan sakit perut sebelum kemudian dibawa ke rumah sakit di Lancaster, Inggris utara, Kamis lalu. Ia didiagnosa dengan perut yang bolong-bolong.

Scanlon masih berada dalam kondisi serius namun stabil, menurut pernyataan polisi setempat.

"Menurut pendapat medis, kondisi ini bisa jadi fatal jika operasi tak segera dilakukan," kata polisi.

Saat terekspos dengan udara, nitrogen cair akan memunculkan kabut tebal dan sering digunakan oleh bartender atau chef untuk menambah efek drama visual pada hidangan atau untuk membekukan cairan dengan cepat, seperti pada es krim.

Nitrogen cair juga sering digunakan untuk menghilangkan kutil dan digunakan di pabrik industri. Jika nitrogen cair kena ke daging dapat menyebabkan kerusakan jaringan akibat dingin atau "frostbite".

Profesor fisika pangan di Leeds University, Malcolm Povey mengatakan nitrogen cair tak boleh dikonsumsi saat masih berbentuk cairan, karena akan berubah menjadi gas dalam tubuh dan menyebabkan perut membengkak dan meledak.

"Nitrogen cair akan cepat berubah menjadi gas dan mengembungkan perut seperti balon...pikiran bahwa orang-orang akan menaruh zat seperti ini dalam minuman tak bisa dipercaya," kata Povey pada Reuters.

Bar yang menyajikan minuman nitrogen cair tersebut tak lagi menjualnya, kata polisi, yang kini sedang menyelidiki insiden tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar