F Jangan Campur Alkohol dengan Minuman Energi! Nih Akibatnya | membuat blog secara instant

Jangan Campur Alkohol dengan Minuman Energi! Nih Akibatnya

Posted by do it your self Selasa, 16 Oktober 2012 0 komentar


 


okezone.com - Minuman energi memang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Minuman energi merupakan jenis minuman yang ditujukan untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. Namun, penggemar minuman berenergi harus hati-hati jika ingin mencampurkannya dengan alkohol.

Menurut sebuah studi yang dilakukan tim di University of Texas Medical School di Houston, minuman energi mengandung lebih banyak kafein dan gula daripada secangkir kopi. Kandungan kafein dalam minuman energi adalah 70-200 mg per 500 ml. Itu hampir dua kali lipat jumlah dalam cangkir biasa. Di mana 500 ml kopi instan berisi sampai 100 mg kafein.

Tak hanya itu saja, mereka mengandung bahan-bahan yang sering "tidak" disebutkan pada label, seperti guarana stimulan herbal, asam amino taurin, mineral, dan vitamin yang bereaksi terhadap kafein. Ini memengaruhi tingkat hati, tekanan darah, bahkan keadaan mental.

Efek makin buruk jika minuman ini dikonsumsi dengan alkohol memiliki beberapa alasan. Seperti dilansir dari Idiva:

Hilangnya Energi

"Kebanyakan minuman energi dimaksudkan untuk merangsang otak Anda. Karena itu mengandung kafein, vitamin, dan mineral yang tinggi" kata Dr Sunita Dube.

Kandungan gluconolactone juga menyebabkan minuman energi menghasilkan lebih banyak energi dan membuat Anda lebih waspada.

"Jika dikonsumsi bersama alkohol, minuman ini justru akan menunda pelepasan energi dan menyebabkan kelelahan," paparnya.

"Kita tidak merasa lelah karena di bawah pengaruh alkohol, sedangkan dosis yang kuat dari vitamin dan mineral mendetoksifikasi kita. Jadi, menyebabkan otak menerima sinyal berbeda," imbuh ahli gizi Sushila Sharangdhar.

"Itu juga mengapa seseorang cenderung merasa lemas setelah begadang semalaman belajar atau menyelesaikan sebuah proyek dengan bantuan sebuah minuman energi," sambungnya.

Menyebabkan Ketagihan!

Pengaruh minuman energi adalah sementara. Jadi, meskipun kita cenderung menjadi hiperaktif dan bersemangat setelah minum, kita mulai merasa lelah dan sedikit kesal begitu efeknya berkurang.

"Seseorang juga bisa kecanduan minuman energi jika dia begitu tergantung untuk dorongan energi selama periode waktu tertentu," papar Dr Sunita.

Jadi jika suatu waktu Anda merasa perlu tambahan energi, ambil air putih dingin atau jus buah, bukan secangkir minuman energi

0 komentar:

Poskan Komentar