F Inilah Perbedaan Blog Dengan Website | membuat blog secara instant

Inilah Perbedaan Blog Dengan Website

Posted by do it your self Rabu, 10 Oktober 2012 0 komentar


Seringkali kita mendengarkan orang berbicara mengenai blog. Bahkan mungkin hampir setiap orang dari anak-anak sampai orang tua mempunyai blog, entah itu berisi catatan pengalaman mereka sehari-hari ataupun mengenai hobi dan pekerjaan mereka. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan blog itu?

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia)

Orang yang menulis blog biasa disebut dengan blogger. Blog dapat diupdate setiap hari, setiap minggu ataupun setiap bulan bahkan memungkinkan juga untuk diupdate setiap saat. Blog seringkali merefleksikan kepribadian dari pemilik blog tersebut. Blog dapat berupa tulisan pribadi, hobi ataupun kumpulan jurnal ilmiah maupun non ilmiah dari si penulis.

Banyak sekali situs-situs web yang menawarkan account blog gratis. Pengguna yang sudah mahir dapat menginstal mesin blog kedalam situs web mereka.

Jadi apakah Blog itu sama dengan Situs Web?

Sebelumnya kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Situs Web. Situs Web adalah kumpulan halaman-halaman web, gambar, video dan aset-aset digital yang terhubung satu sama lain, biasanya mempunyai satu homepage dan terletak di satu server yang sama, dipersiapkan dan dimaintain oleh sekelompok orang, grup ataupun organisasi. Pada perkembangan terakhirnya web sudah memasuki teknologi web 2.0.

Pada Web 2.0, suatu situs web memuat konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, sharing informasi dan kolaborasi diantara penggunanya. Dengan konsep ini maka pada perkembangannya sekarang didalam suatu situs web terdapat layanan-layanan hosting seperti social-networking sites, wikis, blogs, and folksonomies.

Jika kita lihat definisi diatas maka Blog bisa dikatakan merupakan bagian dari suatu situs Web, dimana pada blog kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dan mudah untuk mengupdate isinya.

0 komentar:

Poskan Komentar