F Inilah 5 tokoh muda yang layak jadi presiden Indonesia | membuat blog secara instant

Inilah 5 tokoh muda yang layak jadi presiden Indonesia

Posted by do it your self Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar
Tempo/Yosep Arkian

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pol-Tracking Institute mengeluarkan hasil rilis survei opinion makers dan pakar, mencari kandidat muda potensial calon presiden 2014.
Hasil riset ini didapat melalui assesment 13 aspek, dimana salah satu aspek yang dinilai adalah dimensi kapabilitas para kandidat muda tersebut.

Dalam penilaian pada dimensi kapabilitas dan kapasitas intelektual dalam menyelesaikan persoalan bangsa tersebut, lima besar kandidat muda yang memperoleh poin terbesar adalah Anies Baswedan (80,5), Sri Mulyani (77,7), Joko Widodo (74,9), Pramono Anung Wibowo (70,5), dan Gita Wirjawan (70,4).

Urutan puncak ditempati oleh Anies Baswedan dan Sri Mulyani yang dalam rekam jejaknya tidak dibesarkan oleh partai politik atau tidak mempunyai riwayat sebagai fungsionaris partai.
Menurut Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda AR, keunggulan Anies Baswedan dan Sri Mulyani sebagai figur muda karena kepakaran mereka di bidang sumber daya manusia dan ekonomi.

"Begitu juga dengan Gita Wirjawan. Artinya keunggulan mereka dalam aspek ini lebih disebabkan diri mereka sebagai seorang profesional. Walaupun memang dalam pengalaman mengelola pemerintahan dan publik hanya ada di Jokowi," terang Hanta.
Sementara itu, lanjut Hanta, rendahnya poin yang didapat Puan Maharani yang berada di peringkat terbawah 35 kandidat dengan nilai 47,9, menunjukan bahwa genetika politik dan dekatnya figur muda di dalam orbit keputusan politik partai, tidak menjamin dirinya dianggap mempunyai kapasitas dan kapabilitas.

0 komentar:

Poskan Komentar