F Autographer, Kamera yang Bisa Memotret Sendiri | membuat blog secara instant

Autographer, Kamera yang Bisa Memotret Sendiri

Posted by do it your self Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar

Sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris, Oxford Metrics Group (OMG), baru-baru ini mengumumkan kehadiran sebuah kamera digital yang unik bernama Autographer.

 
Autographer diklaim sebagai kamera pintar pertama yang mengusung konsep wearable (dapat dipakai seperti aksesori kalung) dan otomatis. Anda tidak perlu lagi menekan tombol shutter atau mengintip lubang bidik. Autographer hadir dengan sebuah lensa semi-fisheye yang dapat menghasilkan foto pada sudut 136° dan dilengkapi sensor backlit-CMOS beresolusi 5 MP. Hasil foto akan langsung disimpan di memori internal 8GB.

Autographer juga mengemas lima sensor seperti akselerometer untuk mengukur seberapa cepat dan lambat pergerakan pengguna, sensor warna untuk mendeteksi cahaya dan mengukur gelap terang, magnetometer untuk menentukan kemana arah kamera menghadap, PIR sensor untuk mendeteksi pergerakan subjek, sensor temperatur untuk mengukur suhu dan modul GPS untuk menentukan posisi kamera.

Lalu bagaimana kamera ini bekerja? Kamera ini bekerja dengan memanfaatkan lima sensor tersebut dan GPS. Dengan data yang diterima dari sensor, Autographer akan mengidentifikasi saat paling tepat untuk mengambil foto. Data tersebut dapat berupa perubahan cahaya dan warna, gerakan, arah dan suhu. Misalnya, Autographer (kemungkinan) akan merekam saat kita tiba-tiba berlari mengejar bis atau dikejar anjing, keluar dari ruangan di saat hujan atau saat bertemu dengan teman.

Simon Randall dari OMG Life mengatakan, "Yang menarik dari Autographer adalah Anda tidak perlu menghentikan aktivitas hanya untuk merekam foto. Anda tetap dapat menikmati hidup sementara Autographer terus menangkap cerita yang terjadi di sekeliling Anda secara spontan."

Autographer hadir dengan aplikasi olah foto khusus dari OMG (tersedia versi smartphone dan PC) untuk membuat foto .GIF atau stop motion video. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth yang berguna untuk memindahkan hasil foto atau melihat hasil foto Anda di tablet PC atau smartphone.

Konsep kamera ini sepertinya sulit dicerna jika tidak melihat aksinya secara langsung. Ada juga keraguan jika Autographer benar-benar mampu merekam momen yang kita anggap berharga, mengingat nyaris tidak ada fungsi pengaturan yang diberikan. Yang pasti, kamera ini diciptakan bukan untuk menggantikan kamera digital yang sudah ada, tapi lebih sebagai sebuah gadget yang menyenangkan.

Autographer dibanderol dengan harga $ 647 dan mulai dijual bulan November 2012. Anda dapat langsung membelinya di website resmi OMG


Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.

0 komentar:

Poskan Komentar