F 7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Tidur Anda | membuat blog secara instant

7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Tidur Anda

Posted by do it your self Jumat, 19 Oktober 2012 0 komentar


Oleh Marie Claire | Healthy Living
1. Waktu tidur tidak teratur
Siapa bilang waktu tidur hanya untuk anak-anak? Beri perhatian lebih untuk mengatur waktu tidur Anda, terutama pada hari libur. Jika Anda tidur pada waktu yang tidak tentu — kadang jam 11 malam, kadang jam 1 pagi — pikiran Anda tidak akan siap untuk dibuat istirahat sebentar saat jam kerja.

2. Membaca sebelum tidur
Membaca sebelum tidur adalah kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Masalahnya adalah, tubuh Anda beradaptasi dengan kebiasaan itu. Anda tidak akan tertidur sebelum membaca beberapa bab. Bacalah buku favorit Anda di sofa atau di sudut jendela. Jangan gunakan tempat tidur untuk aktivitas di luar tidur dan seks.

3. Menggunakan komputer sampai larut malam
Cahaya layar komputer Anda menstimulasi otak. Plus, otak Anda akan merasa gelisah tentang apa yang Anda lakukan di komputer, bahkan ketika Anda sudah mematikannya. Jangan menggunakan internet saat tengah malam dan matikan komputer Anda. Gunakan waktu Anda untuk bersantai tanpa peralatan digital.

4. Membeli tempat tidur yang murah

Sebuah tempat tidur yang bagus harganya berkisar antara $500-3.000 (Rp5-29 juta). Anggaplah harganya memang pantas. Sebuah tempat tidur yang layak akan membuat Anda tidur nyenyak. Begitu juga dengan kualitas sprei dan bantal. Pilihlah bantal yang halus jika Anda tipe orang suka tidur tengkurap. Belilah bantal yang lebih tebal jika Anda suka tidur menyamping.

5. Jangan menggunakan jam alarm yang bersinar

Alarm Anda yang menyilaukan dapat mengalihkan perhatian Anda yang mencoba tidur. Gelapkan kamar Anda sebisa mungkin. Halangi angka yang terang pada jam tersebut dengan menggunakan buku atau belilah jam perjalanan yang kecil. Cara lainnya adalah dengan mengatur alarm di telepon genggam Anda.

6. Menghitung domba

Ketika Anda tidak dapat tidur, adalah sia-sia untuk tetap berada di atas tempat tidur. Jika Anda mencoba tidur selama lebih dari 30 menit, National Sleep Foundation menyarankan melakukan sesuatu yang sederhana, seperti memeriksa buku keuangan, membaca atau menyaksikan TV. Aktivitas yang menggunakan daya kerja otak rendah akan menenangkan pikiran Anda. Lalu Anda akan merasa sangat lelah dan mengantuk.

7. Berolahraga di malam hari
Berolahraga saat siang akan membuat tubuh Anda menjadi segar selama beberapa jam. Itulah sebabnya mengapa Anda tidak dianjurkan berolahraga tiga jam sebelum hendak tidur. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan suhu tubuh Anda serta tingkat energi, yang keduanya bisa mengganggu proses tidur Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar