F 10 Festival Paling Aneh dan Unik di Asia | membuat blog secara instant

10 Festival Paling Aneh dan Unik di Asia

Posted by do it your self Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar


Semua festival ini nya itu bisa anda lihat di Asia. Selama ini hal yang menarik turis untuk mengunjungi negara-negara Asia adalah makanan nya yang lezat. Akan tetapi selain makanan yang lezat, ternyata banyak festival-festival Yang Aneh Tapi Nyata dan kaya akan budaya negara Asia tersebut yang bisa menarik perhatian turis. Pernahkah anda lihat Festival Untuk Menyambut Hantu-Hantu Yang Kelaparan? ATau Festival Buffet (Makan Sepuasnya) khusus untuk monyet?
Mari kita lihat festival-festival tersebut yang mungkin ini merupakan pertama kali kita melihat nya
dan beruntunglah kita sebagai orang Asia sehingga kalau kita mau melihat dari dekat, kita tidak harus keluar duit yang terlalu banyak untuk melihatnya.

Monkey Buffet Festival (Lopburi, Thailand)
Ini adalah festival buffet (makan sepuasnya) yang disediakan khusus untuk para monyet. Festival ini diadakan setiap tahun di Thailand pada Sabtu terakhir di bulan Nopember di kelenteng bernama Pra Prang Sam Yot di Lopburi, Bagkok. Ribuan kilo buah-buahan di kumpulkan untuk menjadi sebuah arena buffet yang diperuntuk kan hanya untuk monyet. Heran nya lagi monyet yang biasanya nakal ini bisa bertabiat baik di festival tersebut dan bisa bermain-main dengan para turis dan orang-orang yang mau mengambil foto monyet tersebut.

Festival of the Hungry Ghost (China)
Dari namanya, Festival Hantu Kelaparan, festival ini kedengaran agak mengerikan. Festival ini dirayakan di satu hari menurut penanggalan Cina dimana orang China percaya bahwa pintu makhluk halus di buka sehingga roh-roh dari bawah dunia akan naik ke atas. di hari itulah mereka percaya bahwa yang penjara roh jahat dibuka sehingga roh tersebut bisa menikmati kebebasan di hari tersebut. Orang-orang akan membakar uang kertas, mobil-mobilan dari kertas, dan semuanya yang dari kertas untuk roh-roh tersebut karena mereka mempercayai adanya kehidupan di dunia roh-roh. Ada yang membakarnya untuk sanak famili akan tetapi tidak sedikit juga yang membakar nya hanya untuk roh-roh yang tidak dia kenal. Perayaan itu sekitar 2-3 hari dan orang-orang akan memasang lantern dan dupa untuk menjaga agar roh-roh tersebut hanya di lautan dan jangan gentayangan terlalu jauh di dunia.

Songkran Festival ( Thailand )
Songkran adalah festival pertandingan air terbesar di dunia yang diadakan di bulan April, bulan terpanas di Tahiland. Orang-orang akan menyemprot teman nya atau bahkan orang yang tidak dikenal dengan selang, balon air, atau bahkan pistol air. Dulunya, festival ini adalah berbentuk seremoni akan tetapi lama kelaman menjadi festival yang besar yang bertahan 3-10 hari tergantung masing-masing daerah.

Parade Dewa obat ( Taiwan )
Lebih dari 160 kelenteng di Taiwan merayakan hari Dewa Obat dengan parade, akan tetapi kelenteng yang asli adalah kelenteng Ching Tzu di Hseuhchia. Penari, pendeta, musisi berjalan di jalanan dengan balon menyerupai Dewa Obat, dipimpin oleh kelompok yang menamakan dirinya Centipedes. Para pemjua dewa tersebut menjatuhkan diri di depan Centipedes untuk diinjak dengan keras harapan akan mengusir roh-roh jahat dari tubuhnya.

Konaki ( Japan )
Konaki Sumo ini kalau diterjemahkan secara harafiah berarti Tangisan Sumo Festival. Lebih dari 200 bayi akan diberikan ke murid Sumo Wresting untuk melihat bayi yang manakah yang akan menangis duluan. Tujuan nya adalah untuk mengharapkan kesehatan karena bayi yang sering menangis biasanya adalah bayi yang sehat dan kuat.

Kanamari Matsuri ( Kawasaki, Japan )
Banyak turis-turis yang akan merasa malu ketika melihat orang-orang di Kawasaki berparade di jalan dengan mengangkat patung raksasa Mr.P dan Ms.V sedangkan orang-orang sekelilingnya (tua muda, besar kecil) memakan permen yang berbentuk Mr. P and Ms. V tersebut….kok gitu ya…festival apa ini.
Festival ini bernama Kanamara Matsuri adalah festival dari orang-orang penganut kepercayaan Shinto yang diadakan di Minggu Pertama bulan April setiap tahun nya di kawasaki, Jepang. Festival ini didasari oleh legenda tentang adanya iblis bergigi tajam yang bersembunyi di Ms.V nya anak-anak muda. Iblis ini dikalahkan oleh Black Smith yang membuat Mr.P dari besi yang berhasil mematahkan gigi-gigi iblis tersebut. Festival ini sebenarnya untuk mendengungkan kesehatan kehidupan bercinta anak jaman sekarang. Pada jaman dulu para Geisha akan menghadiri festial ini dan berdoa untuk melindungi mereka dari penyakit kelamin. Tetapi apada jaman sekarang, festival ini bertujuan untuk menggalang dana untuk penelitian penyakit HIV.

Festival Suci ( India )
Festival Suci/ Holi adalah Festival yang diadakan di musim semi di India. Festival inijuga terkenal dengan Festival Warna-Warni karena di rayakan dengan melempar warna-warna ke orang-orang. Perayaan ini dimulai dengan api yang melambangkan pembakaran Holika, baigan dari cerita tentang datangnya iblis di kepercayaan Hindu. Akan tetapi, yang paling menarik dalam perayaan ini adalah apa yang terjadi sehari setelahnya dimana orang-orang dari segala kalangan datang untuk menari dan bernyanyi bersama-sama.

Handaka Matsuri ( Japan )
Festival Handaka ini adalah tradisi dari Shinto juga dimana ribuan pria berkumpul dengan hanya mengenakan kain penutup tradisional Jepang yang dikenal dengan nama fundoshi. Diantara orang-orang yang hampir bugil itu akan terdapa satu pria yang benar-benar bugil dan orang-orang akan berebutan untuk memegangnya karena dipercayai bahwa pria tersebut akan menyerap semua kesialan dan kejahatan nya.

Boryeong Mud Festival ( South Korea )
The Boryeong Mud Festival di Korea Selatan adalah tradisi yang baru di mulai di tahun 1998 untuk mempromosikan kesehatan kulit yang bisa didapakan dari lumpur yang kaya akan mineral di Boryeong. Festival ini memancing turis dari seluruh dunia yang kebanyakan sebenarnya tidak begitu peduli dengan kesehatan kulit tetapi hanya mau mendapatkan waktu yang menyenangkan di lumpur lengket ini. Selama seminggu festival ini, orang-orang ini bisa meluncur di lumpur, bergulat di lumpur, dan kontes foto. Ketika sudah selesai, anda bisa membersihkan diri dengan shampo, sabun dan sun block terkenal dari Boryeoungs.

Phuket Vegetarian Festival (Phuket, Thailand)
Bila anda beranggapan bahwa Festival Vegetarian ini hanya lah festival biasa dimana orang-orang berpantang daging, maka anda salah. Di festival ini ada pertunjukkan yang sangat mencengangkan dimana orang-orang akan mendemonstrasi kan kehebatan mereka untuk menindik mulut-mulut mereka dengan bahan runcing. Pemandangan yang mengerikan apalagi kalau dilihat dari jarak dekat.

0 komentar:

Poskan Komentar